ALL ABOUT SCIENCE AND TECHNOLOGY

Kepedulian didalam Dunia Maya (Internet) dan Pengaruh Dunia Maya pada Perilaku Seseorang

Kepedulian didalam Dunia Maya (Internet)  dan Pengaruh Dunia Maya
pada Perilaku Seseorang


            Hy sahabat Andika.info kembali lagi nih dengan mimin pada kesampatan kali ini kita akan bahas bahas sedikit tentang kepedulian seseorang didunia maya Sebelum kita membahas tentang “Kepedulian didalam Dunia Maya” Mari kita lihat dulu pengertian dari Dunia Maya dalam bahasa inggris Dunia Maya disebut dengan cyberspace, cyber space adalah media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai keperluan komunikasi satu arah maupun timbak balik secara online (terhubung langsung). Kata “Cyberspace” (dari cybernetics dan space) pertama kali diperkenalkan atau dipopulerkan oleh penulis novel fiksi ilmiah, William Gibson dalam buku ceritanya “Burning Chrome”, 1982 dan menjadi populer Pada novel berikutnya,”Neuromancer”, 1984 yang menyebutkan bahwa “Cyberspac. A consensual hallucination experienced daily by billions of legitimate operators, in every nation, by children being taught mathematical concepts.... A graphic respresentation of data abstracted form the banks of every computer in the human system. Unthinkable complexity. Lines of light ranged in the nonspace of the mind, clusters and constellations of data. Like city lights, receding”.
Dunia Maya juga merupakan istilah lain dari Internet
Sejarah Internet itu sendiri sebenarnya berasal dari jaringan MILNET atau jaringan militer kemudian pada tahun 1969 internet mulai berkembang didunia penelitian yang di bawa oleh ARPANET (Advanced Reseach Project Agency Network)
Dunia Maya Onno W. Purbo
Tokoh pertama yang menjelaskan internet adalah Purbo. Purbo (dalam Prihatna, 2005)
Menjelaskan bahwa internet pada dasarnya merupakan sebuah media digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai aplikasi, seperti Web,VoIP,E-mail            Mungkin itu sedikit pengantar dan penjelasan bagi kita semuanya kemarin pada tanggal 27 Juni saya melakukan sebuah Social Experiment untuk mengetahui seberapa besar kepedulian seseorang didalam dunia maya.
Social experiment


pada gambar diatas yang telah saya edit sedemikian rupa dan telah saya bagikan di akun Facebook dan WhatsApp saya dari sebanyak 42 orang yang melihatnya di akun WhatsApp pada gambar diatas 38 itu setelah 1 jam pengupload dan hasil akhirnya ada 42 yang melihatnya sedangkan pada aku Facebook Saya 32 Penyuka jika saya gabungkan maka 74 orang yang melihatnya ternyata yang memberikan tanggapan ada 11 orang yang menanggapinya.
           Dalam hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa didalam dunia maya tersebut seberapa kepedulian seseorang akan hal baru dan peristiwa yang baru sangat rendah. Seseorang cenderung menyukai sebuah gambar yang telah difilter dengan menambahkan berbagai efek yang akan membuatnya terlihat begitu cantik. Terkadang didalam dunia maya hal yang sepele bisa menjadi sebuah pembahasan yang sangat unik bahkan bisa sampai tingkat yang serius dibandingkan dengan hal yang serius terkadang orang orang begitu acuh tak acuh. Contoh nya saja kejadian Berita orang hilang pada sebuah akun sosial media Facebook yang memberikan pengumuman bahwa adiknya tidak pulang sejak pagi sampai larut malam kalo cowok udah biasa ini cewek wajar saja Pemilik akun Khawatir, dalam status yang dibikin 
yang menyukai status tersebut ada ratusan tapi yang prihatin dan yang mengomentari cuman ada 6 orang yang bersedia meluangkan waktu untuk memberikan tanggapan pada hal tersebut.
Pengaruh teknologi pada masyarakat indonesia sudah berkembang dengan pesat dibandingkan dengan pengaruh positif pengaruh negatif cenderung berkembang dengan pesat hal ini disebabkan karena pengawasan penggunaan Gadget pada anak sangat kurang dan juga waktu pemberian Gadget Kepada Anak tidak tepat menurut Bill Gates (CEO Microsoft) seharusnya orang tua tidak memberikan gadget pada anak mereka sebelum menginjak umur 14 tahun.
Jika anak-anak kurang diawasi dalam menggunakan Gadget apa yang akan terjadi?
Tak lain dan tak bukan adalah
1.      nilai disekolah akan menurun drastis
2.      sifat sosial terhadap orang disekitar mereka berkurang
3.      anak-anak akan malas belajar karena keasyikan bermain gadget
4.      anak-anak akan lupa waktu akibat gadget
5.      anak-anak akan lupa kapan waktu mereka ngaji dan sholat akibat gadget.
Pengaruh internet kepada penggunanya sangatlah besar bagaimana tidak sifat sosial seseorang akan hilang saat mereka menggunakan gadget mereka. Terkadang disaat acara kumpul-kumpul suasana pasti hening saat tidak ada yang memberikan pertanyaan hal ini disebabkan semua orang terpokus pada Gadget mereka..
Mungkin ini yang bisa admin tuliskan jika ada kesalahan dalam penulisan artikelnya admin mohon maaf ya...sampai jumpa lagi di artikel berikutnya semoga bermanfaat dan Salam IT,Salam Perubahan

Share:

0 comments:

Post a Comment

IKUTI SAYA DI LINKEDIN

SUKAI KAMI HALAMAN FACEBOOK KAMI

MP3 ONLINE