ALL ABOUT SCIENCE AND TECHNOLOGY

Mengenal Jenis Jenis Harddisk Komputer


Assalamu’alaikum sahabat IT pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sebuah informasi tentang harddisk sebelum kita masuk ke permasalahan kita ada baiknya kita bahas dulu apa itu harddisk
hdd Seaget 1 Tera

            Harddisk dalam dunia Komputer sering disingkat dengan HDD hardisk merupakan penyimpanan yang ada pada laptop ataupun computer harddisk berisi piringan magnetis, harddisk berasal dari bahasa inggris hard drive adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder.
            Cakram keras pertama kali diciptakan oleh insinyur IBM, Reynold Jhonson pada tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapsitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran 3,5 inci. Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampun yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire
Harddisk yang sering digunakan pada laptop atau computer dibagi menjadi tiga macam yaitu harddisk jenis IDE, SATA, dan SCSI. Berikut ini adalah penjelasan dari ke 3 jenis hardisk tersebut :
1.      IDE/ATA
Harddisk tipe ini menggunakan AT Attachment (ATA) atau yang biasa dikenal dengan integrated drive electronics (IDE). Harddisk tipe ini memiliki keunggulan dalam hal menahan panas clan tergolong dingin dalam beroperasi , sehingga tidak gampang rusak dan memiliki kecepatan putaran antara  3.600 – 7.200 rpm. Parallel ATA hanya memungkinkan panjang kabel maksimal hanya 18 inchi (46 cm) walaupun banyak produk yang tersedia di pasaran yang memiliki panjang hingga 36 inchi (91 cm). karena jaraknya pendek, PATA hanya cocok digunakan didalam computer saja . ATA sangan murah dan lazim ditemui di computer.
2.      SATA
Serial Advanced technology attachment (SATA) adalah bus primer pada computer yang didesain untuk mentransfer data dari motherboard ke media penyimpanan data, seperti harddisk clan optical drive pada computer, keuntungan utama menggunakan harddisk SATA adalah proses transfer data pada computer lebih cepat, user bisa memindahkan atau menambahkan device selama operasi (jika system operasinya mensupport), kabel lebih tipis sehingga proses pendinginan udara lebih efesien, memiliki kecepatann  putaran sebesar 7.200 rpm. Kabel power dan kabel SATA mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan kabel parallel ATA. Kabel data SATA menggunakan 7 konduktor di mana 4 diantaranya adalah line aktif untuk data. Oleh karena bentuknya lebih kecil, kabel SATA lebih mudah digunakan di ruangan yang lebih sempit  dan lebih efisien untuk pendinginan.
3.      SCSI
Small computer system interface (SCSI) adalah perangkat standar ANSI untuk menghubungkan device ke system computer. Umumnya SCSI merupakan teknologi parallel, tetapi banyak varian SCSI serial yang sudah beredar di pasaran, seperti FireWire dan Fibre Channel. Harddisk tipe ini memiliki kecepatan putaran sebesar 10.000 rpm. Ukuran fisik hardisk  biasanya dinyatakan dalam satuan inchi. Harddisk yang ada saat ini umumnya memiliki ukuran 3,5” atau 2.5” yang digunakan pada computer desktop dan laptop. Harddisk dengan ukuran 2.5” memiliki kecepatan dan daya simpan yang lebih rendah, namun lebih ekonomis dalam hal konsumsi daya listrik dan relatife lebih tahan terhadap guncangan.
            Sumber referensi : Buku Teknik Rahasia Merakit Computer Cepat Tanpa Guru karya Irwan Nurwanto Hlm 57 - 60
            Sekian informasi yang dapat admin berikan semoga bermanfaat untuk kita semua jangan lupa berikan komentarnya yang membangun dan kritikan yang positif..
Share:

0 comments:

Post a Comment

IKUTI SAYA DI LINKEDIN

SUKAI KAMI HALAMAN FACEBOOK KAMI

MP3 ONLINE